Excel merupakan aplikasi sejuta umat, aplikasi excel ini biasa ditemui disetiap komputer yang ada diseluruh dunia ini, Excel sendiri merupakan bagian dari aplikasi Office yang dikembangkan oleh Microsoft. Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi berupa tabel informasi/data berbentuk kotak dengan baris dan kolom yang berisi penghitungan-penghitungan yang digunakan untuk melakukan analisa komparatif. Bentuk analisa dan perhitungan yang lain dapat berupa analisa statistik, perhitungan akuntansi, pembuatan time-schedule dan lain sebagainya.

Arti kata Excel (excelled) adalah melampaui, mengatasi, melebihi, mengungguli. Seperti arti katanya Microsoft Excel kita dapat artikan pula
Melampaui kemampuan produk spreadsheet saingannya, Mengatasi soal-soal kalkulasi dan pengolahan grafik yang sangat baik, Selalu melebihi yang lain karena pengembangannya tiap versinya yang cepat dan, Unggul karena memiliki bahasa pemrograman yang menambah kemampuannya untuk otomatisasi dalam Excel

Apa itu Macro adalah Sebuah fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk merekam semua tindakan dan perintah yang dilakukan pada program Excel.

Definisi VBA Excel – VBA adalah singkatan dari Visual Basic for Application, secara mendasar adalah Aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft yang berfungsi untuk membuat aplikasi berbasis Windows yang mampu membuat aplikasi secara manual atau drag and drop objek ke dalam aplikasi yang dibuat.

VBA dalam Microsoft Excel – Visual Basic juga sebenarnya ada juga dalam program Office lainnya seperti Microsoft Word, Power Point dan yang lainnya. Namun dalam Microsoft Excel, penggunaan VBA menjadi lebih komplit karena, kita dapat membuat aplikasi yang interaktif dengan sistem hitung dan analisi Excel. Dengan menggunakan VBA, anda dapat mengetahui kode sumber dari perintah yang dijalankan dalam Microsoft Excel

Apa itu VBE kepanjangan dari Visual Basic Editor yang merupakan jendela tempat penempatan workbook, objeck, Form, kontrol, modul, dan kode macro itu sendiri, pada jendela VBE inilah pengguna excel bisa berkreasi dengan pengetahuanya tentang excel VBA


1 VB Window : window berisi VBE
2 Menu : berisi jejeran menu untuk kegiatan dalam VBE
3 Toolbar : berisi icon-icon kegiatan tertentu yang tekah dikelompokkan
4 Project Explorer : berisi seluruh project yang terbuka di-instansi aplikasi Excel tersebut
5 Properties Window : berisi properti dari object yang sedang aktif terpilih
6 Code Window : lokasi penulisan script atau penyusunan GUI Form. Kontrol terhadap window ada di 6A (kotak merah)

KAMUS EXCEL

Saya akan bahas istilah istilah yang sering digunakan dalam microsoft excel visual basic for application atau yang biasa disebut dengan VBA, saya mengambil informasi dari blog milis belajar excel yang diupdate terakhir tahun 2014 silahkan kunjungi di blog resinya > http://b-excel.blogspot.co.id/

PROSEDUR
Dalam microsoft visual basic form application (VBA red) Prosedur dibagi menjadi 3 bagian yaitu SUB, FUNCTION, dan PROPERTY, Mari dibahas satu persatu

1 SUB
SUB merupakan Prosedur yang berisi proses kerja tanpa memberikan nilai balik hasil kerja. Jadi nama prosedur tidak menyimpan nilai apapun. Prosedur jenis sub yang dideklarasikan dengan keyword Public dan tanpa parameter input apapun dapat dijalankan melalui workbook window sebagai sesuatu yang sering disebut Macro.
Misalkan pada general module bernama asis10_1diberi prosedur berikut ini :

Public Sub Tes_1()
Dim lima As Long, delapan As Long, lLuas As Long
lima = 5
delapan = 8
lLuas = lima * delapan
End Sub

Ketika prosedur sub bernama Tes_1 dijalankan, maka variabel lima akan diisi nilai 5, delapan diisi nilai 8, dan Luas akan dihitung sebagai lima * delapan yang menghasilkan 5 * 8 = 40 yang disimpan dalam variabel lLuas. Nilai 40 ini tidak dapat disimpan dalam nama prosedur sub. Jadi prosedur sub tidak menghasilkan apapun selain sebuah kerja dan berlalu begitu saja setelah selesai kerja.
Proses untuk menjalankannya sebagai Macro adalah pada

ribbon Developer -> group Code -> Macro

atau dengan menekan tombol ALT F8 bersamaan, yang dilanjutkan dengan memilih nama prosedur sub yang akan dijalankan dan diikuti menekan tombol Run yang ada dalam dialog window Macro yang ada.

Sekarang coba diubah menjadi seperti ini

Public Sub Tes_2()
Dim lima As Long, delapan As Long, lLuas As Long
lima = 5
delapan = 8
lLuas = lima * delapan
sheet1.range("A1").value = lLuas
End Sub

Setelah sub prosedur Tes_2 dijalankan maka pada worksheet sheet1 kolom A1 akan bernilai 40

2 FUNCTION

FUNCTION merupakan Prosedur yang berisi proses kerja yang menghasilkan suatu nilai balik hasil kerja. Nilai balik hasil kerja disimpan dalam nama prosedur. Prosedur function yang dideklarasikan dengan keyword Public dapat digunakan dalam cell seperti fungsi bawaan Excel.
Misalkan pada general module bernama mod02 diberi prosedur berikut ini :

Public Function Contohfungsi() As Long
Dim lima As Long, delapan As Long
lima = 5
delapan = 8
Contohfungsi = lima * delapan
End Function

Prosedur function menggunakan keyword Function dan disertai pernyataan As datatype tertentu seperti As Long. Pada prosedur sub menggunakan keyword Sub dan tidak ada penambahan apapun diakhir deklarasi.
Ketika prosedur function bernama Contohfungsi dijalankan, maka variabel lima akan diisi nilai 5, delapan diisi nilai 8, dan Luas akan dihitung sebagai lima * delapan yang menghasilkan 5 * 8 = 40 yang disimpan dalam nama prosedur function, yaitu Contohfungsi. Jadi nama prosedur function, yaitu Contohfungsi akan berisi nilai 40. Jika hasil proses yang disimpan oleh nama prosedur function tersebut tidak segera disimpan ke sebuah variabel oleh kode program yang menjalankannya, maka nilai tersebut akan segera hilang.
Pemanggilan kembali Contohfungsi akan berarti melakukan proses yang baru dan bukan mengambil nilai yang disimpan saat menjalankan prosedur tersebut sebelumnya. Oleh sebab itu, maka pemanggilan prosedur function sering digunakan sebagai salah satu sarana untuk mengisi nilai suatu variabel disebuah proses yang sedang dijalankan pada prosedur lain. Misalkan di general module mod03 diberi prosedur sub yang membutuhkan hasil kerja prosedur function di atas sebagai berikut :

Public Sub ButuhHasilFunction()
Dim lLuas As Long
lLuas = Contohfungsi
End Sub

Ketika prosedur sub bernama ButuhHasilFunction, maka variabel lLuas akan diisi oleh hasil proses di dalam prosedur function bernama Contohfungsi. Dalam hal ini, nilai yang disimpan oleh variabel lLuas akan bernilai 40 karena hasil kerja prosedur function bernama Contohfungsi menghasilkan nilai 40.
Jika prosedur function akan digunakan layaknya sebuah prosedur Sub, maka pemanggilannya adalah dengan menggunakan keyword Call, seperti Call Contohfungsi. Nilai balik dari function tidak akan disimpan.
Prosedur function bernama Contohfungsi juga dapat digunakan dalam cell karena deklarasi prosedur Contohfungsi adalah menggunakan keyword Public. Misalkan saat berada dalam workbook window pada sheet Kerja dan di cell B5 diberi formula berbunyi :

=Contohfungsi()

Maka di cell B5 akan muncul hasil kerja fungsi Contohfungsi yang berupa prosedur function bernama Contohfungsi. Dalam hal ini, akan muncul nilai 40.

Ini merupakan teori untuk belajar Excel VBA dengan benar, ada sebagian orang yang belajar otodidak main copy paste kode sana sini, menurut saya hal semacam inimemang tidak masalah, akan tetapi biasanya otodidak dengan hanya main copy paste akan membutuhkan waktu yang lumayan lama dari pada mereka yang belajar teori terlebih dahulu. Oke kita lanjutkan pembahasan Prosedur bagian ketiga yaitu Property

3 PROPERTY
Prosedur yang digunakan untuk mengisi nilai ke sebuah variabel atau mengambil nilai dari sebuah variabel. Umumnya jenis prosedur property digunakan secara intensif ketika membentuk sebuah custom class dalam Class Module. Jadi, pada dasarnya, prosedur jenis ini bisa digunakan dimana saja seperti halnya prosedur jenis Sub maupun Function.
Prosedur property terdiri dari :
Let : untuk memasukkan nilai kedalam variabel selain object dan kerjanya mirip dengan penggunaan jenis Sub
Set : untuk memasukkan nilai kedalam variabel object dan kerjanya mirip dengan penggunaan jenis sub
Get : untuk mengambil nilai dari suatu variabel dan kerjanya mirip dengan jenis Function
Pembahasan tentang property akan dilanjutkan setelah memahami Sub dan Function lebih detil.

Deklarasi Prosedur
Sebuah contoh deklarasi prosedur sub yang diletakkan pada sebuah general module (misal di Asis10_1) adalah sebagai berikut :
Public Sub DataMember _
( _
sNama As String _
,ByVal lUmur As Long _
,lAnak As Long _
,ByRef sAlamat As String _
,Optional ByVal sTelp As String _
,Optional ByRef sEmail As String _
,Optional bMember As Boolean =TRUE _
)
'kode program disini
End Sub

PEMAHAMAN KAMUS EXCEL
Setelah belajar prosedur, sekarang coba kita praktekan, pertama kita membuat fungsi menggunakan SUB PROSEDUR, misalnya fungsi dibawah ini

Public Function Contohfungsi() As Long
Dim lima As Long, delapan As Long
lima = 5
delapan = 8
Contohfungsi = lima * delapan
End Function

Lalu buat FUNCTION untuk memanggil fungsi SUB PROSEDUR diatas, misalnya begini

Public Sub ButuhHasilFunction()
MsgBox Contohfungsi
End Sub


Untuk mencobanya arahkan kursor ke prosedur Function ButuhHasilFunction lalu tekan F5 pada keybord, maka akan terjadi kotak pesan 40 yang merupakan nilai dari Contohfungsi.

Sekarang coba insert Userform, kita akan menampilkan atau memanggil SUB PROSEDUR Contohfungsi kedalam userform, ketikan kode macro dibawah ini kedalam area userform

Private Sub UserForm_Activate()
MsgBox Contohfungsi
End Sub

Tekan F5 untuk menampilkan userform, dan saat userform aktif/tampil maka pertama tama akan keluar kotak dialog 40 yang merupakan hasil dari Contohfungsi

Setelah memahami penggunaan prosedur dengan benar, seharusnya kita melanjutkan membahas tentang Argumen dan keyword, akan tetapi karena keterbatasan waktu saya sudahi dulu, kita lanjutkan esok hari. Semoga bisa membantu
No comments